Kumpulan Tips Trik Kesehatan Dan Kecantikan

19.10.13

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

      Postingan saya kali ini akan membahas tentang manfaat daun sambiloto. Tanaman yang hidupnya mudah di temukan di berbagai tempat seperti di pinggir jalan, tanah kosong, ladang dan bahkan di depan rumah kita, kadang-kadang juga tertanam tumbuhan sambiloto. tumbuhan sambiloto ini, mudah tumbuh didataran rendah yang mempunyai kelembaban, yang disebabkan karena tidak mendapatkan sinar matahari.



       Di setiap daerah daun sambiloto memiliki nama yang berbeda, seperti kalau orang melayu mengatakan dengan sebutan sambilata, sedangkan orang sumatra barat mengatakan dengan sebutan ampadu tanah, orang sunda mengatakan dengan sebutan Oray dan sebutan yang berbeda untuk daun sambiloto masih banyak lagi.

  Kandungan laktone, kandungan andrographolide, kandungan neoandrographolide, dan kandungan homoandrographolide, serta kandungan flavonois, kandungan alkane, kandungan ketone dan kandungan aldehyde, ini termasuk kandungan-kandungan yang terdapat pada daun sambiloto. Daun sambiloto juga dapat di gunakan langsung sebagai daun lalapan dan juga dapat di gunakan dalam bentuk kapsul sehingga dikomsumsi lebih mudah.

Khasiat dan manfaat daun sambiloto sebagai berikut : 
  1. Bisa menyembuhkan radang tenggorokan, dengan cara daun sambiloto dicampur dengan beberapa daun sirih merah, lalu di rebus, dan hasil rebusannya di minum. 

  2. Untuk mengobati gigitan binatang berbisa, dengan cara mengunyah daun sambiloto lalu airnya di telan, dan ampasnya di tempelkan ke bekas luka gigitan.

  3. Untuk mengobati penyakit malaria, dengan cara hasil rebusan daun sambiloto itu diminum.

  4. Untuk mengobati penyakit paru-paru, penyakit TBC, penyakit typus, dan penyakit batuk bernanah, dengan cara hasil rebusan daun sambiloto di minum dan di tambah sedikit madu.

  5. Untuk mengobati  panas demam, dengan cara daun sambiloto yang masih segar di tempelkan ke badan dan dahi.

  6. Untuk mengobati hidung berlendir dan sakit gigi, dengan cara air hasil rebusan daun sambiloto di minum.

  7. Untuk obat tetes telinga, dengan cara melumatkan daun sambiloto, lalu air perasan di teteskan ke telinga.
        Penyakit disentri, penyakit diare, penyakit radang, penyakit paru dan pernapasan, penyakit diabetes, dan penyakit darah tinggi juga dapat di obati dengan daun sambiloto. Seperti inilah pembahasan daun sambiloto, yang sangat bermanfaat  bagi kesehatan. Bagi anda yang terkena penyakit yang tertera diatas, silakan mencobanya, semoga lekas sembuh.

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ppg depok timur

0 komentar:

Post a Comment