Kumpulan Tips Trik Kesehatan Dan Kecantikan

19.10.13

Manfaat Buah Cabe Jawa Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Cabe Jawa Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Cabe Jawa Bagi Kesehatan
        Perlu kita ketahui bahwa cabe jawa merupakan tumbuhan asli negara kita yaitu negara indonesia, 
Buah cabe jawa ini termasuk tumbuhan liar, adakalanya tumbuh di tempat yang berpasir dan tidak lembab, seperti tumbuh di dekat pantai atau tumbuh di hutan, bahkan karena buah cabe jawa, banyak manfaat dan kegunaannya bagi kesehatan, terkadang sengaja di tanam di sekitar rumah kita.

       Adapun ciri dari buah cabe jawa ini, termasuk tumbuh-tumbuhan menahun, tumbuh dengan melilit dan tumbuh dengan memanjat, tumbuh melata dengan akar lekatnya dan panjangnya kurang lebih sampai 10 meter, percabangannya diawali dari pangkalnya yang keras seperti kayu dan bentuk daunya tunggal tapi bertangkai, bentuknya bulat telur dan lonjong, bentuk pangkalnya membulat, sedangkan ujungnya runcing, tepinya rata dan pertulangannya menyirip, sedangkan permukaan atasnya licin dan permukaan bawahnya berbintik. 

      Adapun bunganya berkelamin tunggal tersusun di dalam bulir yang tumbuh tegak dengan sedikit merunduk, sedangkan bulir yang jantan lebih panjang dari pada bulir yang betina. Adapun buah majemuknya berupa bulir, sedangkan bentuknya bulat panjang dan bagian ujungnya agak mengecil, adapun permukaannya tidak merata, tapi bertonjolan teratur dan bertangkai panjang, kalau masih muda berwarna hijau, keras dan pedas. kemudian warnanya menjadi kuning gading dan terus menjadi warna merah, lunak dan rasanya manis.

Manfaat buah cabe jawa sebagai berikut :
  1. Untuk mengatasi kejang perut,muntah-muntah, perut kembung dan mulas
  2. Untuk mengatasi penyakit disentri, diare
  3. Untuk mengatasi sukar buang air besar pada penderita penyakit hati
  4. Untuk mengatasi sakit kepala dan sakit gigi
  5. Untuk mengatasi batuk dan demam
  6. Untuk mengatasi hidung berlendir
  7. Untuk mengatasi lemah syahwat
  8. Untuk mengatasi sukar melahirkan
  9. Untuk mengatasi neurastenia
  10. Untuk mengatasi tekanan darah rendah 
Manfaat akar buah cabe jawa sebagai berikut :
  1. Untuk mengatasi kembung pencernaan terganggu
  2. Untuk mengatasi rematik dan stroke
  3. Untuk mengatasi ketidakhamilan, karena rahim dingin
  4. Untuk mengatasi membersihkan rahim setelah melahirkan
  5. Untuk mengatasi nyeri pinggang dan badan terasa lemah
Manfaat daun buah cabe jawa sebagai berikut :
  1. Untuk mengatasi kejang perut
  2. Untuk mengatasi sakit gigi

    Catatan :
    Bagian yang di gunakan, buah yang sudah tua, tetapi buah belum matang, sedangkan akar dan daun di keringkan.
Resep cara penggunaanya sebagai berikut :

Sakit Gigi
  • Buah cabe jawa sejumlah 2,5 - 5 gr bisa di jadikan pil atau bisa di rebus, kemudian di minum, sedangkan pemakaian luar, buah cabe jawa di jemur kering, kemudian di giling menjadi bubuk dan bubuknya di hirupkan ke hidung atau di masukkan ke gigi yang berlubang dan setelah melahirkan bisa di gunakan sebagai obat rematik atau sebagai parem.
  • Akarnya sejumlah 2,5 gr bisa direbus atau bisa di jadikan pil atau bubuk. sedangkan untuk pemakaian luar sebagai obat luka dan obat sakit gigi.
  • Sedangkan untuk obat kumur pada radang mulut dengan menggunakan daunya buah cabe jawa.
Neurastenia
  • Cabe jawa 6 butir, sedangkan rimpang lempuyang 3/4 jari, sedangkan rimpang alang-alang 3 batang, sedangkan daun sambiloto 1 genggam, sedangkan gula enau 3 jari di cuci dan dipotong seperlunya. kemudian di rebus dengan 4 gelas air bersih, setelah di rebus sisakan dengan 2 1/4 gelas, setelah air rebusan dingin lalu di saring dan di minum, dalam sehari 3 kali masing-masing 3/4 gelas.
Masuk Angin
  • Cabe jawa 3 butir, daun poko dan daun kesumba keeling, masing-masing 1/4 genggam, gula enau 3 jari. Bahan-bahan tersebut di cuci lalu di potong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring lalu di minum, 3 kali sehari, @3/4 gelas.
Membersihkan rahim setelah melahirkan dan kuat
  • Akar kering cabe jawa sebanyak 3 g, di giling halus. Seduh dengan air panas hangat, lalu diminum sekaligus.
Pencernaan terganggu, batuk, ayan, demam setelah melahirkan, menguatkan lambung, paru dan jantung
  • Buah cabe jawa kering sebanyak 5 g, di tumbuk halus, tambahkan madu secukupnya, lalu di aduk rata, lalu di minum sekaligus.
Sakit Gigi
  • Daun cabe jawa yang segar sebanyak 3 lembar, dicuci lalu di tumbuk, seduh 1/2 gelas air panas. selagi hangat disaring, airnya di pakai untuk kumur-kumur.
  • Akar lekat dikunyah beberapa saat, lalu di buang.
Kejang Perut
  • Daun cabe jawa segar sebanyak 3 lembar, di cuci lalu di tumbuk. Seduh dengan 1 gelas air panas. Selagi hangat disaring, lalu diminum sekaligus.
Penderita Penyakit Hati
  • Cabe jawa 3 butir dan rimpang lempuyang se ukurang ibu jari di tumbuk, lalu di tambahkan 1 sendok makan air matang, sambil aduk rata, lalu peras dan di saring. Airnya di minum sekaligus.
Demam
  • Buah cabe jawa sebanyak 3 g, digiling halus, lalu di seduh dengan 1/2 gelas air panas. kemudian minumlah bersama ampasnya selagi hangat.

    Catatan :
    Penderita panas dalam dan perempuan hamil dilarang minum ramuan tumbuhan ini.
       Masih banyak lagi tumbuhan obat-obatan yang ada di tanah air kita ini, yang belum kami bahas, dan kita juga belum tahu banyak manfaat dan khasiatnya tumbuh-tumbuhan yang ada di tanah air kita ini. 
Maka dengan penjelasan kami ini, kita mulai tahu sedikit demi sedikit, betapa banyaknya manfaat dan khasiat tumbuh-tumbuhan yang ada di tanah air kita. 
Di kesempatan waktu yang lain, kami akan membahas tumbuh-tumbuhan yang lain, sehingga kitapun tahu lebih banyak lagi manfaatnya tumbuh-tumbuhan bagi kesehatan.

Manfaat Buah Cabe Jawa Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ppg depok timur

1 komentar:

  1. HERBADREAM SOLO : 085702118190
    Bagi rekan semua yang membutuhkan bahan baku herbal atau jamu dalam bentuk fresh/segar/basah, kering/simplisia, dan bubuk/powder untuk keperluan eksport/export, industry/manufaktur, dagang grosir ataupun ecer, salon kecantikan, klinik kesehatan, spa, apotek dan pharmachy/farmasi, penelitian kampus/universitas ataupun perusahaan meliputi bahan : Adas, akar alang-alang, akar pasak bumi, akar purwoceng, akar wangi, bengle/bangle, biji kedawung, biji mahoni, brotowali, bunga melati, cabe jawa, ceplikan/alba, ceplukan/ciplukan, daun bidara arab local, daun dewa, daun insulin, daun jati belanda, daun jati cina, daun jeruk purut, daun keji beling ngukilo, daun kelor, daun meniran, daun mimba, daun salam, daun sambungnyawa, daun sirsak, daun tempuyung, daun ungu, jahe emprit, jahe merah, jinten hitam local, kapulaga, kayu bidara laut, kayu legi/akar manis, kayu manis, kayu rapet, kayu secang, kayu sintok madu, kayu wolo, kencur, ketumbar, klabet/kelabet, klembak, kulit delima, kulit manggis, kumis kucing/remujung, kunir putih/kunyit putih, kunir/kunyit, lada hitam, lada putih/merica, lempuyang/puyang, lengkuas/laos, mahkota dewa, manjakani, mengkudu/pace, merica bolong/buah kayu putih, pegagan, pekak/bunga lawang/starseed, pulosari/pulowaras, rasukangin, rosella merah, rosella ungu, sambiloto, sarang semut, sereh, sirih hijau, tapak liman, temu giring, temu ireng/temu hitam, temu kunci/fingerroot, temu mangga, temu putih, temulawak, tribulus, dan widoro upas/bidara upas, dan lain-lain. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia (jawa : Jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi bandung, solo dan lain-lain, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Maluku, irian jaya, bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur dan wilayah Indonesia lainnya) dan luar negeri. Bisa suplai kontiyu. Bisa menghubungi HERBADREAM yang berlokasi di SOLO dengan nomer 085702118190. Juga menyediakan bibit daun dewa, bibit sambungnyawa, bibit binahong, bibit yacon/yakon/insulin (tithonia diversifola)

    ReplyDelete