Kumpulan Tips Trik Kesehatan Dan Kecantikan

26.4.14

Cara Alami Membersihkan Karang Gigi

Cara Alami Membersihkan Karang Gigi
          Terlebih dahulu perlu kita ketahui bahwa karang gigi / plak termasuk kerak bakteri yang sudah mengeras dan sudah lengket, biasanya karang gigi terdapat diantara gigi dengan gusi. Karang gigi bisa menjadikan pembusukan sehingga menjadikan bau mulut yang kurang sedap dan bisa menjadikan penyakit pada gusi.

          Adapun terjadinya karang gigi, di karenakan sisa makanan yang ada pada gigi tidak segera dibersihkan sehingga menempel keras di gigi. Inilah yang menyebabkan terjadinya karang gigi. Sisa makanan yang tidak segera dibersihkan dapat bercampur dengan bakteri, yang nantinya akan membentuk plak putih. Plak putih ini apabila tidak segera di bersihkan akan dapat bercampur dengan air ludah, yang mana air ludah ini mempunyai kandungan mineral, sehingga berlangsung sistem mineralisasi, yang menyebabkan timbulnya karang gigi yang menempel dan mengeras. 

          Karang gigi karena sifatnya keras dan melekat erat di antara permukaan gigi dan gusi, sehingga untuk membersihkannya membutuhkan alat khusus dan perlu bantuan dokter gigi untuk menghilangkan karang gigi tersebut. Karena sampai saat ini, belum ada alat yang bisa di kerjakan sendiri di rumah, untuk membersihkan karang gigi. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan pembersihan karang gigi secara rutin pada dokter gigi, setiap 6 bulan sekali dan biaya pembersihan karang gigi pada dokter gigi juga lumayan mahal. 

           Maka saat ini, herballfresh akan memberikan postingan bagaimana cara alami mencegah dan mengatasi mengurangi karang gigi, sebagai berikut :
  • Menyikat gigi secara teratur dan benar
    Menyikat gigi dengan teratur dan benar, dilakukan minimal 2 kali dalam sehari yaitu di pagi hari setelah sarapan dan di malam hari menjelang akan tidur. Lakukan sikat gigi secara rutin, teratur dan benar setiap hari. Menggosoklah ke seluruh permukaan gigi yang menghadap kearah pipi dan lidah. Dan untuk membersihkan gigi bagian atas, maka gerakan sikat dari atas ke bawah, sedangkan untuk membersihkan gigi bagian bawah, maka gerakan sikat dari bawah ke atas. Dan bisa juga membersihkan sisa makanan dari sela sela gigi dengan menggunakan benang gigi ( dental floss ) atau dengan sikat interdental.
  • Membersihkan karang gigi dengan biji asam kawak
    Karang gigi dapat di bersihkan biji asam kawak, caranya mudah sekali yaitu menyediakan biji asam kawak, kemudian biji asam di sangrai dan setelah itu di haluskan dengan menggunakan blender atau di tumbuk sampai halus. Kemudiaan serbuk biji asam kawak, digunakan untuk menggosok karang gigi dengan memakai sikat gigi atau dengan memakai kapas.
  • Membersihkan karang gigi dengan cengkeh
    Cengkeh dapat membersihkan karang gigi, caranya sangatlah mudah, siapkan cengkeh sebanyak 7 buah, lalu di tumbuk sampai halus, dan setelah halus gunakan untuk menggosok karang gigi, selain itu bisa di gunakan untuk menggosok gigi dan untuk berkumur-kumur
  • Mengkonsumsi buah apel
    Mengkonsumsi buah apel termasuk cara alami untu menghilangkan karang gigi, lakukan secara rutin setiap hari dengan mengkonsumsi buah apel tanpa di kupas kulitnya. Cara ini dapat membantu membersihkan karang gigi.
  • Memperbanyak minum air putih
    Sering-seringlah minum air putih setiap hari sambil di gunakan untuk berkumur-kumur dan juga jangan lupa memakai cairan pembersih mulut / dental floss untuk berkumu – kumur untuk mencegah plak karang gigi. Hal ini lakukan secara rutin setiap hari untuk mengatasi terjadinya karang gigi.
  • Mengurangi makanan yang mengandung gula dan tepungMenyebabkan terjadinya plak atau karang gigi, di karenakan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung. Oleh karena itu, sebaiknya di kurangi makanan yang mengadung gula dan tepung.
  • Melakukan pemeriksaan gigi secara rutinMembersihkan karang gigi dengan cepat dan efektif, dapat mengunjungi dokter gigi untuk membersihkan karang gigi anda dan lakukan pemeriksaan secara rutin setiap 6 bulan sekali untuk menjaga kesehatan gigi anda. Apabila ada gigi yang berlubang akan segera ditambal agar gigi tidak membusuk yang nantinya menyebabkan bakteri.
          Demikianlah postingan cara alami membersihkan dan menghilangkan karang gigi untuk kesehatan gigi anda. Semoga cara ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Cara Alami Membersihkan Karang Gigi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ppg depok timur

0 komentar:

Post a Comment