Kumpulan Tips Trik Kesehatan Dan Kecantikan

20.9.14

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan
Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan
       Buah manggis sangatlah enak rasanya, rasanya sangat manis dan banyak mengandung air, disamping itu sedikit berserat tapi rasanya renyah dan dagingnya berwarna putih.Tapi tidak ada yang menyangka ternyata bagian dari buah manggis yang paling banyak manfaatnya justru terdapat pada kulit buahnya.
         Dan saat ini kulit buah manggis sangatlah populer, karena setelah di adakan penelitian kulit buah manggis, ternyata sangat besar manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

        Buah manggis ini di kenal dengan nama Garcinia Mangostana L, buah manggis ini tanaman yang sangat baik, biasanya hidup di daerah tropika, termasuk di indonesia. Buah manggis ini kaya akan kandungannya dan kandungan terbaiknya adalah kandungan anti-oksida, kandungan ini merupakan kandungan yang cukup tinggi.

Kulit buah manggis banyak mengandung:

1)    Xamthone
Xamthone merupakan komponen aktif yang paling utama yang ada pada buah manggis dan di samping itu termasuk sejenis senyawa polifenol, secara biologis aktif dan secara struktural sama dengan bioflavanoids. Senyawa ini jarang sekali di temukan di alam, setelah di dentifikasi xanthones, telah di temukan di dalam buah manggis.
Xanthone mempunyai manfaat sebagai anti-inflamasi dan anti-alergi, komponen yang lain dari buah manggis sebagai obat diataranya sebagai: sterol, catechin, proanthocyanidins dan sebagai polisakarida. Semuanya itu berfungsi untuk ketahanan tubuh.

2)    Rendah Kalori
Buah manggis mengandung rendah kalori, apabila buah manggis selalu di konsumsi oleh anda, maka dapat menurunkan berat badan anda. Buah manggis mempunyai 63 kalori /100gr buah manggis dan buah manggis bisa mencukupi kebutuhan serat tubuh sebesar 13%/100 gramnya. Buah manggis juga tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sehingga bisa di gunakan sebagai diet.

3)    Kaya Vitamin C
Setiap manusia membutuhkan vitamin c, tubuh manusia tidak bisa menghasilkan vitamin c dari tubuh manusia sendiri, vitamin c bisa didapatkan dari luar tubuh, dengan cara mengkonsumsi buah-buahan, termasuk mengkonsumsi buah manggis. Didalam buah manggis terdapat vitamin c, tubuh manusia membutuhkan vitamin c, sebanyak 12persen/100gr danging buah manggis. Vitamin c mudah larut air juga sebagai anti oksidan dan juga membantu meningkatkan ketahanan tubuh dari serangan segala penyakit diantaranya: flu, infeksi, dan juga kanker.

4)    Vitamin B Compleks
Vitamin B compleks seperti diataranya: thiamin, niacin, folat yang terdapat pada buah manggis, ini mengandung sebagai kofaktor yang ada dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Semuanya itu berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat dari kulit buah manggis sbb:

1)    Mengobati Sariawan
Vitamin c yang terdapat pada buah manggis untuk menyembuhkan sariawan. Cara membikin ramuannya untuk mengatasi sariawan sbb: siapkan kulit buah sebanyak dari 2 buah manggis, lalu di cuci dan di potong2, setelah itu di rebus bersama 3 gelas air sampai  air itu berkurang 50%. Setelah rebusan air dingin, maka saringlah dan buatlah untuk berkumur-kumur.

2)    Mengatasi Diare
Di filipina buah manggis sangat populer yaitu memanfaatkan rebusan daun manggis dan kulitnya untuk mengobati segala penyakit seperti: diare, sariawan, disentri,menurunkan demam, dan gangguan saluran kencing.

3)    Anti Kanker
Seperti yang pernah saya jelaskan diatas tentang kandungan kulit dan buah manggis seperti kandungan xanthone berfungsi sebagai anti proliferasi danapoptosis, ini sangatlah efektif untuk mencegah pertumbuhan kanker dan menghancurkan sel-sel kanker.

4)    Mencegah jantung
Sejumlah kandungan mineral yang terdapat dalam buah manggis seperti di antaranya: tembaga, mangan, magnesium dan kalium. Kalium termasuk hal yang penting dari sel dan cairan tubuh, ini untuk membantu mengontrol detak jantung kita dan tekanan darah kita. Berarti buah manggis bisa memberikan perlindungan dari penyakit stroke dan jantung koroner.

5)    Meremajakan Kulit
Bagi wanita yang menginginkan kulitnya lebih tampak cerah, lebih halus dan lebih awet muda, maka sering-seringlah mengkonsumsi kulit atau  buah manggis. Karena kulit buah manggis terdapat banyak khasiatnya, seperti kandungan dalam anti oksidan mampu mencegah penuaan dini dan dapat meregenerasi sel kulit, bahkan juga mengatasi berbagai penyakit kulit.

         Demikianlah postingan herballfresh tentang artikel kulit manggis yang bisa di sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua, jangan lupa artikel ini juga di share ke teman-teman ya…..!

Baca juga artikel yang lainnya:



Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ppg depok timur

0 komentar:

Post a Comment