Kumpulan Tips Trik Kesehatan Dan Kecantikan

11.10.14

Cara Mudah Mengatasi Nyeri Saat Haid

Cara Mudah Mengatasi Nyeri Saat Haid
Cara Mudah Mengatasi Nyeri Saat Haid 
             Apakah anda sering mengalami nyeri pada saat datang bulan atau haid? anda tidak perlu khawatir karena itu merupakan gejala normal  dari serangkaian Premanstrual Syndrome . Penyebab ini terjadi karena  adanya faktor hormonal proses ovulasi yang tidak sempurna mengakibatkan tidak seimbangnya hormon.

      Nyeri yang ditimbulkan akibat haid membuat para wanita terganggu dalam beraktivitas bahkan bisa terhenti sama sekali.Nyeri pada saat haid atau menstruasi merupakan masalah buat para wanita yang mengalaminya karena akan merasa terganggu,maka dari itu disini akan di bahas tentang apa sih penyebab nyeri haid itu? berikut ini ringkasan penyebab nyeri haid yang mungkin bisa membantu bagi para wanita.

     Nyeri haid dibagian perut bawah terjadi karena ketidak seimbangan hormon disebut  Nyeri haid primer sedangkan  kelainan organ dalam pelvis disebut nyeri haid sekunder.

Penyebab Nyeri Saat Haid:
  1. Di akibatkan karena terjadinya konstraksi rahim atau iskemia otot rahim.Nyeri haid atau dismenorrhoe yaitu nyeri kejang otot  (spasmodik)  perut bagian bawah menyebar ke bagian dalam paha atau pinggang bawah terjadi menjelang haid karena kontraksi otot rahim.
  2. Faktor Hormonal, nyeri haid terjadi karena produksi hormon progesteron yang meningkat. Hormon progesteron dihasilkan kelenjar indung telur (corpus luteum) setelah melepaskan sel telur setiap bulan, Hormon tersebut dapat memperbesar ketegangan pada mulut rahim sehingga lubang mulut rahim jadi sempit, Mengakibatkan otot rahim lebih kuat berkontraksi agar mengeluarkan darah haid lewat mulut rahim yang sempit. Kontraksi kejang otot yang dirasakan saat nyeri. nyeri haid berkurang atau malahan hilang setelah kehamilan atau melahirkan anak yang pertama
Gejala Yang Timbul Menjelang Haid:
  1. Payudara terasa nyeri dan bengkak
  2. pusing
  3. Nyeri pada perut bagian bawah
  4. Kembung
  5. Kelelahan
  6. Timbulnya jerawat
Solusi Mengatasi Nyeri Saat Haid:
  1. Konsumsi Makanan Yang Sehat . Makan yang mengandung kalsium,vitamin D,vitamin E dan omega 3 mengkonsumsi buah buahan dan sayuran dan makanan yang mengandung protein nabati.
  2. Kompres Dengan Air Hangat.  Kompreslah perut yang terasa nyeri dengan air hangat atau bisa pula dengan berendam dalam air hangat ini untuk mengurangi rasa nyeri saat haid.
     
  3. Berbaring. Berbaring di tempat tidur ataupun sofa untuk merelaksasikan otot rahim yang kram ini dapat mengurangi rasa nyeri dan gunakan bantal sebagai penyangga lutut sehingga lutut agak tinggi.
  4. Minum jamu. jamu yang alami yang sering digunakan yaitu 15-30 gram daun dewa dan  20 gram kunyit kemudian direbus dengan 600 cc air hingga sisa 300cc di saring kemudian diminum 2 kali sehari. atau resep yang lainnya yaitu ambil 2 rimpang kunyit , 1/2sdt ketumbar ,1/2sdt biji pala dan 1/2 gram daun srigading kemudian rebug dengan 1000ml air mendidih saring kemudian diminum pagi dan malam secara teratur.
  5. Olahraga. Beberapa olah raga ringan seperti peregangan otot ligamen sekitar rongga panggul sehingga dapat melancarkan  aliran darah dirongga panggu
    Bila nyeri terjadi terus menerus dan berkepanjangan sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Dan semoga artikel ini membantu anda yaitu tentang Cara Mudah Mengatasi Nyeri Saat Haid, untuk informasi tentang kesehatan lainnya bisa anda kunjungi di info kesehatan.
jangan lupa share artikel ini ya untuk teman anda dan keluarga dirumah, simak terus berita tentang kesehatan disini

Cara Mudah Mengatasi Nyeri Saat Haid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ppg depok timur

0 komentar:

Post a Comment